Jambi akan mengadakan pameran batik & songket

Batik JambiMediaOnline - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi akan menggelar pameran kain batik dan kain songket khas Jambi di Jakarta, agar lebih dikenal masyarakat di luar daerah itu.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Ny Ratu Munawaroh di Jambi, Rabu (11/2) mengatakan pameran batik dan songket khas Jambi ini akan sangat efektif menjadi wadah promosi produk kerajinan rakyat tersebut, karena selama ini kurang dikenal. "Sesungguhnya Indonesia ini merupakan pangsa pasar yang menjanjikan, karena terbukti juga sebagai produsen tekstil. Jambi berusaha memanfaatkan peluang," katanya.

Untuk meningkatkan kualitas batik dan kain songket khas Jambi agar bisa bersaing dengan produk daerah lain, juga akan mendatangkan sejumlah desainer terkemuka di Indonesia. Menyinggung harga mahal yang selalu menjadi alasan sehingga batik dan songket Jambi sulit menembus pasar dalam dan luar negeri, ia menjelaskan, itu bukan sebuah persoalan yang tidak teratasi.

"Kami akan mengatasi soal harga itu dengan mendisain produk untuk memenuhi selera pasar, sehingga harga tidak menjadi masalah, seperti beberapa motif batik dan songket khas Jambi setelah mendapat sentuhan dari ahli ternyata sangat diminati para konsumen kelas menengah ke atas," ujar Ratu, isteri Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin itu.

Dekranasda Provinsi Jambi telah mengundang Designer untuk memberikan arahan dan sentuhan kepada para perajin, seperti apa produk yang diminati pasar, sehingga produk yang dihasilkan bisa memenuhi selera pasar. (Ant/OL-06)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar, kritik dan sarannya.